Social Networking

12 Mar 2012

7da63c09345dd964e81949a5ce3bcb0f_s

Social Networking adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan sebuah website berbasis jejaring sosial artinya suatu website yang memungkinkan adanya interaksi antara anggota atau pengikut dari website tersebut secara penuh, saat ini website jejaring sosial merupakan website yang paling banyak mendapatkan kunjungan setelah website search engine, bahkan dalam beberapa kondisi tertentu website jejaring sosial merupakan website yang memiliki tingkat kunjunagn tertinggi, sebut saja Facebook, saat ini facebook merupakan website yang paling banyak di kunjungi dibeberapa negara, termasuk di Indonesia.

Kerugian secara umum dari masing-masing aplikasi social network :

1. Tempat untuk melakukan tindak kejahatan

Sosial networking merupakan sarana yang bagus untuk menipu orang dan dapat merugikan orang tersebut

2. Bahasa dan etika yang tidak sopan

Karena tidak ada yang mengatur etika dalam berbahasa. Banyak orang memanfaatkan untuk mencemarkan nama baik orang lain dengan kata-kata yang kasar yang dapat menyinggung perasaan orang lain.

3. Tempat untuk mencari pacar

Terutama dalam penggunaan Facebook dan Twitter.

4. Lupa waktu

Karena sedang asik,banyak orang lupa dengan urusan mereka masing-masing. Terutama pada kalangan pelajar, tidak sepenuhnya memikirkan pelajaran tetapi memikirkan ketiga akun tersebut. Ckckck

5. Ketergantungan

Macam jejaring sosial yang dapat kita kunjungi adalah :

1. YAHOO MESSENGER

43c339ffc5348dd6d388993439691a7a_ym

Apakah yang dimaksud dengan Yahoo Messenger?
Yahoo Messenger atau banyak orang menyingkatnya dengan YM adalah sebuah program chatting atau pengiriman pesan instan yang disediakan oleh Yahoo. YM dapat digunakan secara gratis atau free dengan menggunakan akun yahoo kita. YM juga bisa digunakan untuk layanan Yahoo seperti Yahoo Mail, Layanan Game yang disediakan di Yahoo, Yahoo Mobile, dan layanan Yahoo lainnya.

2. BLOG

d81d7c6c0cc45e81b977c1599a9ce937_blogKeuntungan blog salah satunya adalah bahwa blog dapat digunakan untuk e-commerce. Satu karakteristik penting pada sebuah blog adalah bahwa blog, seperti halnya discussion board atau chat room, dapat membuat visitor datang bolak-balik. Jika dikerjakan dengan baik, blog akan membangun relationship dengan para pengunjungnya, kemudian menciptakan sebuah komunitas pembaca yang akan datang kembali berulang-ulang. Komunitas inilah bisa menjadi partner kita untuk bisa sukses di e-commerce. Syaratnya ya itu tadi, kamu harus bisa membangun komunikasi yang baik dengan pengunjung di blog kalian.

Cara membangun komunikasi yang baik dengan pengunjung juga lebih mudah dengan blog, karena blog menyediakan ruang bagi pengunjung untuk comment terhadap posting anda. Respon yang baik terhadap comment yang ada akan membuat pengunjung anda benar-benar merasakan bahwa blog anda berguna baginya.

3. FACEBOOK

699ad11515fca0f77ff8987e17065bc2_fb

Facebook sudah menjadi icon tersendiri dimasyarakat dunia. Gak dipungkiri juga pasti ada dampak positif dan negative dari penggunaan akun ini.

Kalau keuntungannya dalam dunia pendidikan :

1. Bagi siswa yang efisien dengan bersosialisasi dan memperluas jaringan pertemanan mereka dan menjaga hubungan yang akrab

2. Facebook juga menyediakan fasilitas group untuk bergabung dan berkumpul

3. Bisa juga membahas topic dan menggunakan aplikasi pendidikan untuk menjunjung aktivitas belajar.

4. Twitter

e85e4d602fa745cfc5ca3b276ad888fd_twitter

Twitter adalah blog mini yang menyediakan maksimal 140 karakter huruf untuk mempublikasikan dan menginformasikan pesan kita secara online di internet, melalui berbagai media seperti sms handphone, instant messenger, website dll.
Memakai Twitter sebagai bagian kegiatan anda adalah pilihan yang tepat sekarang ini
tidak hanya untuk menambah pengunjung blog atau web kita tetapi juga sudah memungkinkan kita untuk berhubungan dengan pemilik akun twitter lain yang bisa jadi merupakan orang penting dalam kehidupan pribadi atau bisnis kita.

Berbagai kegunaan dan keuntungan yang bisa kita peroleh dalam memakai Twitter untuk kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut :
- Mendapatkan berita-berita terbaru
- Mengintegrasikan twitter dengan dengan blog/situs web RSS feed
- Menginformasikan jadwal kegiatan kita ke orang yang berkepentingan
- Menjaga reputasi bisnis kita
- Saling tukar pikiran dan ide
- Mendapat umpan balik dari customer ( bisnis )
- Sebagai tempat untuk survey
- Mendapatkan berita2 / promosi dari produsen
- Belajar tentang bisnis, industri atau hal-hal lain
- Berbagi pengetahuan di twitter
- Mencari prospek baru dalam bisnis
- Memperluas jaringan sosial atau bisnis kita
- Sebagai agenda online kita
- Dan tentunya seperti social tools lainnya, Twitter kita bisa mendapatkan teman baru.

Dari berbagai macam-macam social network banyak kita lihat maanfaatnya, tapi juga ada kelemahan dalam menggunakannya. Maka manfaatkan dunia sosial dengan baik dan benar. Dan janganlah sekali-kali kalian menggunakan media sosial untuk merugikan orang lain.


TAGS social network


-

Author

Follow Me